Training Manajemen Kelas

training

Mengawali aktifitas pembelajaran semester dua tahun pelajaran 2012-2013, sebagai langkah meningkatkan kualitas dan kreatifitas guru,SDM Ar Rhmah mengadakan pelatihan manajemen kelas.Pelatihan manajemen kelas ini diadakan pada tanggal 11 Januari 2013 bertempat di aula LPI Ar Rohmah yang diikuti oleh seluruh SDM SMP maupun SMA Ar Rohmah. Pelatihan kali ini difokuskan pada metode pengelolaan kelas pada saat KBM, kompleksitas  permasalahan siswa dalam KBM dan melihat beragamnya gaya belajar siswa, menjadi alasan utama pentingnya pelatihan pengelolaan kelas.

Pelatihan manajemen kelas ini langsung dipandu oleh trainer nasional Mr. Suhadi dengan gayanya yang khas. Dalam pelatihan ini Mr. Suhadi memaparkan dengan jelas bagaimana memfasilitasi kebutuhan belajar siswa dalam KBM sehingga pembelajaran tidak membosankan. Terlebih lagi jika mengacu pada rencana kurikulum 2013 yang akan menerapkan penambahan jam pelajaran,  maka bisa dipastikan para siswa akan cepat merasa jenuh dan bosan dalam KBM. Mengantisipasi kebosanan dalam KBM, maka para guru dituntut untuk kreatif mengemas KBM yang tidak menjenuhkan. Semaraknya pelatihan manajemen kelas diharapkan mampu mengurangi kejenuhan dalam KBM, terlebih pada sekolah yang menerapkan sistem full day.

Dalam pelatihan ini, para guru diajak untuk praktik langsung cara mengelola KBM agar tidak menjenuhkan dengan cara simulasi. Pada simulasi kali ini para guru di bagi menjadi enam kelompok yang setiap kelompok semua anggota kelompok diminta bermain peran sebagai ayah, ibu, anak SMA, anak SMP, anak SD, dan anak TK. Untuk melihat kekompakan kelompok, Mr. Suhadi membuat sebuah situasi bencana gempa. Serunya permainan ini membuat para guru bersemangat mengikuti pelatihan  hingga sore hari. Semoga dengan pelatihan ini para guru semakin kreatif dalam mengajar dan KBM di semester II lebih menyetuh substansi pembelajaran di SMP maupun SMA Ar Rohmah.